Belajar Web Programming PHP, HTML, MySQL dan Tutorial

Pengantar Rekayasa Web

Di dalam rekaya perangkat lunak kita mengetahui metodologi-metodologi dalam membangun suatu perangkat lunak. Namun dengan semakin kompleksnya suatu aplikasi berbasis web maka terdapat disiplin ilmu sendiri yang merangkum semua hal mengenai aplikasi berbasis web yaitu rekayasa web atau juga dikenal sebagai web engineering.

Rekayasa web adalah suatu aplikasi yang menggunakan pendekatan sistematis, disiplin dan terukur untuk pengembangan, operasi dan pemeliharaan aplikasi berbasis web (web-based applications)(Simarmata, 2010). Dimana dalam perkembangan litratur yang banyak ditemukan mengenai rekayasa web sering kali mengacu pada membangun sebuah situs web, aplikasi berbasis web, serta sistem berbasis web. Pada dasarnya output dari rekayasa web adalah perangkat lunak seperti yang disebutkan diatas, namun proses dan bagaimana mewujudkan hal tersebutlah yang dibahas dalam disiplin ilmu rekayasa web ini.

Dikarenakan sistem berbasis web memiliki sudut pandang tersendiri yang sedikit berbeda dari perangkat lunak pada umumnya. Maka rekayasa web menjadi subdisiplin dari rekayasa perangkat lunak yang membahas mengenai metodologi dalam merancang, mengembangkan, memelihara dan melibatkan aplikasi web(Simarmata, 2010). Dengan demikian harapan dari adanya rekayasa web ini, pengembangan aplikasi web dapat menjadi lebih terkonsep dan terarah sehingga dapat menghasilkan output sistem berbasis web seperti yang telah direncanakan sebelumnya.

Rekayasa web menggunakan sains, rekayasa, dan pendekatan-pendekatan sistematis serta prinsip-prinsip manajemen untuk kesuksesan terhadap pengembangan, penyebaran, pemeliharaan aplikasi dan sistem web berkualitas tinggi (Murugesan, dkk, 1999). Dengan adanya rekayasa web ini pengembang sistem dapat melaksanakan perancangan dan pembangunan aplikasi maupun sistem berbasis web dengan lebih terkontrol dan sistematis. Kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi dapat diminimalkan sehingga kualitas dari sistem berbasis web yang dihasilkan dapat lebih maksimal serta mudah dalam melakukan maintenance atau perawatan secara berkala.

Berdasarkan uraian diatas maka dapat dipahami bahwa rekayasa web menjadi bagian yang sangat penting dalam mengembangkan suatu sistem berbasis web. Perlunya sistematika dan metodologi dalam mengembangkan suatu sistem berbasis web menjadi pedoman agar pengembangan tersebut berjalan dengan baik dan sukses seperti apa yang direncanakan. Dengan demikian tujuan utama dari rekayasa web adalah bagaimana mencapai kesuksesan dalam mengatur kompleksitas serta keanekaragaman pengembangan aplikasi web dengan menggunakan metodologi yang telah disediakan.
Labels: Artikel, Rekayasa Web, Web

Terima kasih telah membaca Pengantar Rekayasa Web. Bila bermanfaat boleh di share yah :)

0 Comment for "Pengantar Rekayasa Web"

Back To Top