Belajar Web Programming PHP, HTML, MySQL dan Tutorial

Definisi Mengenai Desain Sistem

Desain sistem merupakan tahap lanjutan dari pengembangan sistem setelah analisis sistem. Beberapa ahli mendefinisikan desain sistem dengan pengertian sebagai berikut.



Menurut Robert J Verzello/John Reuter III desain sistem adalah tahap setelah analisis dari siklus pengembangan sistem; pendefinisian dari kebutuhan-kebutuhan fungsional dan persiapan untuk rancang bangun implementasi; Menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk.

Menurut John Burch dan Gary Grudnitski desain sistem dapat di definiskan sebagai penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam suatu kesatuan yang utuh dan berfungsi.

Menurut George M. Scott desain sistem menentukan bagaimana suatu sistem akan menyelesaikan apa yang mesti diselesaikan; tahap ini menyangkut mengkonfigurasi dari komponen-komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari suatu sistem sehingga setelah instalasi dari sistem akan benar-benar memuaskan rancang bangun yang telah ditetapkan pada tahap akhir analisis sistem.

Berdasarkan pengertian-pengertian diatas maka dapat diartikan bahwa desain sistem adalah:
  1. Tahap setelah analisis dari siklus pengembangan sistem
  2. Pendefinisian dari kebutuhan-kebutuhan fungsional
  3. Persiapan untuk rancang bangun implementasi
  4. Menggambarkan bagaimana sistem dibentuk
  5. Dapat berupa penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah kedalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi
  6. Termasuk menyangkut mengkonfigurasi dari komponen-komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari suatu sistem
Demikianlah definisi dari desain sistem yang merupakan tahap lanjutan dari analisis sistem. Dengan adanya definisi ini diharapkan dapat memahami lebih lanjut bagaimana sistem tersebut akan dirancang.

Referensi
Jogiyanto (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi
Labels: Desain, Sistem

Terima kasih telah membaca Definisi Mengenai Desain Sistem. Bila bermanfaat boleh di share yah :)

0 Comment for "Definisi Mengenai Desain Sistem"

Back To Top