Belajar Web Programming PHP, HTML, MySQL dan Tutorial

Pengantar Dan Metode Pengembangan Sistem Informasi

Mengembangkan sistem informasi perlu adanya memperhatikan beberapa aspek. Aspek tersebut antara lain adalah perlu adanya bagian yang menangani system analysis dan system development. System Analysis memiliki peran dalam menggambarkan bagaimana sistem informasi tersebut bekerja dan memahami masalah-masalah yang ada di dalam sistem informasi tersebut. Sedangkan System Development memiliki peran untuk mengembangkan sistem informasi tersebut berdasarkan gambaran cara kerja dan permasalahan yang ada dari sistem informasi yang disampaikan oleh system analysis.




Images: miro.medium.com

Dalam mengembangkan sistem informasi tentunya kita tidak dapat melakukannya tanpa langkah-langkah yang jelas. Langkah-langkah dalam mengembangkan suatu sistem informasi biasanya disebut dengan metodologi pengembangan sistem. Metode untuk mengembangkan sistem sangat banyak sekali tersedia, namun yang paling dikenal adalah metode System Development Life Cycle (SDLC) atau disebut juga dengan Siklus Hidup Pengembangan Sistem. Di dalam SDLC terdapat beberapa metode, salah satunya adalah metode Waterfall. Selain itu terdapat juga metode-metode lain yaitu Protoyping, Rapid Application Development (RAD), Agile Methodologies, serta Extreme Programming.

SDLC merupakan metode yang telah lama dikenal dan sangat baik digunakan untuk mengembangkan sistem yang besar dan kompleks namun sedikit tidak tepat jika digunakan untuk mengembangkan sistem dengan skala kecil. Mengapa demikian? hal ini dikarenakan untuk menjalankan metode SDLC diperlukan sumber daya yang banyak dan memadai, tidak fleksibel karena tahapan-tahapannya yang berkelanjutan, serta tidak dapat dilakukan perubahan yang mendadak apabila terjadi perubahan keputusan yang cepat.

Hal ini dikarenakan SDLC tidak dapat dipandang sebagai sebuah fase tahapan-tahapan pengembangan, namun terdapat berbagai hal yang sangat penting seperti prinsip-prinsip manajemen, teknis perencanaan dan pengawasan, pengorganisasian dan penjadwalan, serta penyelesaian masalah.

System Development Life Cycle (SDLC) menyediakan framework mengenai keseluruhan tahapan pengembangan sistem mulai dari perencanaan awal, analisis, implementasi serta evaluasi dari sistem yang dibangun. Pendekatan dalam SDLC dapat dilakukan dalam dua cara yaitu :
  • Pendekatan prediktif - menganggap proyek dapat direncanakan sebelumnya
  • Pendekatan adaptif - lebih fleksibel, menganggap proyek tidak dapat direncanakan sebelumnya

Secara mendasar SDLC terdari 5 fase atau tahapan. Namun beberapa metode serapan dari SDLC dapat mengembangkannya dengan karakteristik tersendiri. Namun demikian aktifitas utama dari SDLC dapat digambarkan sebagai berikut:
  • Analisa : Memahami dan menganalisis kebutuhan proses bisnis
  • Desain : Merancang dan membuat konsep mengenai sistem yang akan dibangun berdasarkan hasil analisa
  • Implementasi : Melakukan coding/membangun sistem informasi, melakukan pengujian sistem, serta melakukan implementasi sampai ke tahap instalasi sistem

Tiga aktifitas utama tersebut menjadi dasar utama pengembangan sistem informasi berbasis SDLC. Penjelasan detail mengenai tahapan-tahapan/fase-fase dalam SDLC akan dibahas di artikel berikutnya.
Labels: Artikel, SDLC, SIstem Informasi

Terima kasih telah membaca Pengantar Dan Metode Pengembangan Sistem Informasi. Bila bermanfaat boleh di share yah :)

0 Comment for "Pengantar Dan Metode Pengembangan Sistem Informasi"

Back To Top