Belajar Web Programming PHP, HTML, MySQL dan Tutorial

Mengetahui Error Di File Dan Baris Dengan PHP

Halo, kembali lagi dalam tutorial di belajarwebpedia. Tutorial kali ini adalah tutorial dasar yang cukup mudah dan gampang sekali untuk diterapkan. karena hanya terdiri dari beberapa baris kode saja, yang mungkin dapat bermanfaat bagi teman-teman yang ingin menambah wawasan dalam pemrograman PHP. Biasanya jika ada error kita dapat mengetahuinya dari warning yang diberikan oleh PHP, nah bagaimana jika kita ingin mencoba membuat hal tersebut menjadi lebih menarik lagi.

Pernahkah teman-teman pada saat pengembangkan suatu aplikasi web kebingungan apabila ada bug di bagian tertentu namun lupa atau tidak menemukan dimana file dari kode yang bug tersebut. Nah dengan fungsi sederhana ini kita dapat membuatnya jadi lebih mudah dan dapat diterapkan pada fase pengembangan, namun apabila sudah dalam tahap publish sebaiknya function ini dinonaktifkan ya hehe. Mari kita coba.

Sebelum kita lanjut fungsi pengecekan yang akan kita gunakan adalah fungsi debug_backtrace() dimana fungsi tersebut digunakan untuk mengenerate backtrace. Buat apa? tentu untuk memastikan apakah code yang akan dicompile sudah berjalan sebagaimana mestinya. apabila tidak kita dapat mengetahui dibagian mana code tersebut bermasalah.

<?php
function trace(){
 $trace = debug_backtrace();
 print_r($trace);
}

trace();
?>

Hasilnya:


nah disana terdapat sebuah array dengan beberapa elemen. disitu kita lihat ada elemen dengan nama file dan line yang menunjukan di file dan baris apa function itu di generate. Mari kita kembangkan agar outputnya menjadi lebih tepat guna.

<?php
function trace($msg)
{
      $trace = debug_backtrace();
      $data  = $trace[0];
      $file  = $data["file"];
      $baris = $data["line"] + 1;
   print 'Kode '.$msg.' ini ada di file '.$file.' pada baris '.$baris.'<br>';
}


trace("For");
for($i=1;$i<=10;$i++) {
 if($i < 10) { $tanda = ' - '; } else { $tanda = ""; }
 echo ($j+=$i) . $tanda;
}
?>

Hasil:

Yup begitulah hasilnya, kita menambahkan beberapa modifikasi disitu dan dapat dikembangkan lebih lanjut lagi ^^. Selamat mencoba yah jangan lupa like dan share apabila tutorial ini membantu anda :)
Labels: Pemrograman, PHP, Tutorial

Terima kasih telah membaca Mengetahui Error Di File Dan Baris Dengan PHP. Bila bermanfaat boleh di share yah :)

0 Comment for "Mengetahui Error Di File Dan Baris Dengan PHP"

Back To Top