Belajar Web Programming PHP, HTML, MySQL dan Tutorial

Perbedaan Rekayasa Web dan Rekayasa Perangkat Lunak

Pada dasarnya rekayasa web memerlukan pemerograman dan pengembangan perangkat lunak seperti pada umumnya. Rekayasa web juga Mengadopsi prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak namun pengembangan sistem berbasis web dan rekayasa web berbeda dengan pengembangan perangkat lunak dan rekayasa perangkat lunak (Simarmata, 2010).

Sistem berbasis web dapat dideskripsikan dengan berbagai sudut pandang. Uraian berikut ini akan menjelaskan secara singkat mengenai seperti apa sistem berbasis web tersebut (Simarmata, 2010).
  • Sistem berbasis web yang ada saat ini kebanyakan adalah halaman web statis dan dinamis
  • Sistem berbasis web dikembangkan dengan berfokus pada menyediakan kreativitas visual, dan penggabungan multimedia dalam penyajian dan antarmuka. Hal ini menjadi penekanan bahwa penyajian dan antarmuka bagi pengguna menjadi hal yang utama
  • Sistem berbasis web saat ini kebanyakan bersifat content-driven dimana pengembangan web yang dihasilkan meliputi pengambangan konten yang disajikan
  • Profil pengguna yang banyak menyebabkan perlunya banyak sistem berbasis web yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam.
  • Sifat dan karakteristik dari media web belum dipahami dengan baik seperti media perangkat lunak
  • Web memberikan gambaran mengenai ikatan yang besar antara seni dan ilmu daripada yang dialami di dalam pengembangan perangkat lunak.
  • Sistem berbasis web yang dikembangkan kebanyakan dikerjakan dalam waktu singkat, sehingga terjadi kesulitan dalam menerapkannya pada tingkatan yang sama dengan perencanaan dan pengujian seperti yang dikembangkan dalam pengembangan perangkat lunak.
  • Sistem berbasis web berbeda dengan perangkat lunak apabila dipandang dari media pengiriman datanya.
  • Pengembang yang merancang dan membangun sistem berbasis web biasanya mempunyai keberagaman dalam berbagai bidang ilmu sehingga berpengaruh pada persepsi dan kualitas sistem berbasis web tersebut.
Labels: Artikel, Rekayasa Web

Terima kasih telah membaca Perbedaan Rekayasa Web dan Rekayasa Perangkat Lunak. Bila bermanfaat boleh di share yah :)

0 Comment for "Perbedaan Rekayasa Web dan Rekayasa Perangkat Lunak"

Back To Top