Belajar Web Programming PHP, HTML, MySQL dan Tutorial

Business Process Management (BPM) : Introduction

Business Process Management (BPM) atau disebut juga Manajemen Proses Bisnis menjadi topik yang sering dibicarakan dimana hal ini dikarenakan sangat relevannya BPM dari sudut pandang praktis sementara pada saat yang sama ia menawarkan banyak tantangan untuk pengembang dan ilmuwan peranti lunak. Sistem informasi tradisional digunakan pemodelan informasi sebagai titik awal, misalnya pendekatan berbasis data mendominasi lanskap sistem informasi. Namun, selama dekade terakhir menjadi jelas bahwa proses sama pentingnya dan perlu didukung secara sistematis. Ini menghasilkan "gelombang" manajemen alur kerja sistem pada pertengahan sembilan puluhan. Sistem ini ditujukan untuk otomatisasi proses terstruktur. Karena itu, aplikasi mereka dibatasi hanya beberapa domain aplikasi. Namun, konsep alur kerja dasar telah diadopsi oleh berbagai jenis sistem informasi "sadar proses". BPM membahas topik dukungan proses dalam perspektif yang lebih luas dengan memasukkan yang berbeda jenis analisis (misalnya, simulasi, verifikasi, dan proses penambangan) dan penautan proses ke aspek bisnis dan sosial. Apalagi saat ini BPM menjadi menarik karena didorong oleh perkembangan teknologi (arsitektur berorientasi layanan) yang memicu upaya standardisasi.




Images source: incture.com

Manajemen proses bisnis telah menerima banyak perhatian baru-baru ini oleh baik administrasi bisnis dan komunitas ilmu komputer. Anggota komunitas ini biasanya ditandai oleh pendidikan yang berbeda latar belakang dan minat. Orang dalam administrasi bisnis adalah tertarik untuk meningkatkan operasi perusahaan. Meningkatkan kepuasan pelanggan, mengurangi biaya melakukan bisnis, dan membangun produk baru dan layanan dengan biaya rendah adalah aspek penting dari manajemen proses bisnis dari sudut pandang administrasi bisnis.

Dua komunitas dalam ilmu komputer tertarik pada proses bisnis. Peneliti dengan latar belakang dalam metode formal menyelidiki sifat struktural proses. Karena properti ini hanya dapat ditampilkan menggunakan abstraksi proses bisnis dunia nyata, kegiatan proses biasanya berkurang untuk surat. Menggunakan abstraksi ini, pengamatan menarik pada properti struktural proses bisnis dapat dibuat, yang sangat berguna untuk mendeteksi defisiensi struktural dalam proses bisnis dunia nyata.

Komunitas perangkat lunak tertarik untuk menyediakan sistem perangkat lunak yang handal dan terukur. Hal ini dikarenakan proses bisnis dapat diwujudkan dalam informasi lanskap teknologi yang kompleks, oleh karena itu integrasi sistem informasi yang ada menjadi dasar yang penting untuk realisasi teknis dari proses bisnis.

Manajemen proses bisnis didasarkan pada pengamtan bahwa setiap produk yang diberikan oleh perusahaan terhadap pasa adalah merupakan hasil dari sejumlah kegiatan yang telah dilakukan. Proses bisnis adalah instrumen kunci yang digunakan untuk mengelola aktivitas-aktivitas dan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai hubungan timbal balik mereka.

Teknologi informasi pada umumnya dan sistem informasi pada khususnya menyediakan suatu aturan yang penting di dalam manajemen proses bisnis, hal ini dikarenakan lebih dan lebih lagi aktvitas yang dijalankan perusahaan didukung oleh sistem informasi. Suatu kegiatan proses bisnis dapat dilakukan oleh setiap karyawan di dalam perusahan baik secara manual maupun dengan bantuan sistem informasi. Namun terdapat juga suatu kegiatan proses bisnis yang dapat diberlakukan secara otomatis oleh sistem informasi tanpa adanya keterlibatan manusia. Suatu perusahaan dapat mencapai apayang menjadi tujuan bisnisnya secara efektif dan efisien dimana apabila terjadi kolaborasi bersama dengan baik antara orang dan sumber daya perusahaan lainnya seperti sistem informasi di dalam perusahaan tersebut. Dalam hal ini proses bisnis menjadi suatu konsep yang sangat penting untuk memfasilitasi kolaborasi tersebut secara efektif.

Terdapat banyak kondisi yang ditemukan di dalam suatu perusahaan dimana terdapat kesenjangan antara aspek bisnis organisasi dengan teknologi informasi yang ada. Kondisi ini tentunya menjadi hal yang perlu menjadi perhatian, dimana dengan mempersempit jarak atau gap antara organisasi dan teknologi tentu akan sangat membantu perusahaan untuk tetap dapa bertahan di pasar yang dinamis saat ini. Suatu hal yang tidak bisa dianggap biasa adalah dimana sebuah produk yang berhasil hari ini mungkin saja tidak seberhasil itu di masa mendatang. Jika pesaing memberikan harga yang lebih murah serta dirancang dengan lebih baik dan mudah digunakan.

Tersedianya komunikasi berbasis internet dalam menyebarkan informasi mengenai produk baru di kecepatan yang sangat signifikan, menjadi penyebab siklus produk tradisional tidak cocok untuk mengatasi pasar yang dinamis saat ini. Kemampuan untuk menciptakan produk baru dan membawa ke pasar dengan cepat, serta untuk mengadaptasi produk yang ada dengan biaya rendah menjadi keunggulan kompetitif bagi perusahaan yang sukses.

Sementara itu di tingkat organisasi, proses bisnis sangat penting untuk memahami bagaimana perusahaan beroperasi, proses bisnis juga memainkan peranan penting yaitu peran dalam desain dan realisasi sistem informasi yang fleksibel. Sistem informasi ini memberikan dasar teknis untuk pembuatan fungsionalitas baru yang cepat dalam mewujudkan produk baru dan untuk mengadaptasi fungsionalitas yang ada dalam memenuhi kebutuhan pasar baru.

Manajemen proses bisnis dipengaruhi oleh konsep dan teknologi dari berbagai bidang administrasi bisnis dan ilmu komputer. Berdasarkan pada pekerjaan awal dalam organisasi dan manajemen, manajemen proses bisnis berakar pada tren orientasi proses pada tahun 1990-an, di mana cara baru pengorganisasian suatu perusahaan berdasarkan proses bisnis diusulkan.

Reference
Weske, Mathias. Business Process Management.
Labels: BPM, Business Management Process, Proses Bisnis

Terima kasih telah membaca Business Process Management (BPM) : Introduction. Bila bermanfaat boleh di share yah :)

0 Comment for "Business Process Management (BPM) : Introduction"

Back To Top