Belajar Web Programming PHP, HTML, MySQL dan Tutorial

8 Source Code Editor Gratis Dengan Fitur Terkini

Dalam dunia pemrograman tentunya kita tidak pernah terlepas dari yang namanya coding. Baik itu sebagai developer maupun sebagai programmer kita pasti familiar dengan tiap baris-baris kode bukan? Pada dasarnya kode tersebut dapat dibuka menggunakan notepad apabila dalam keadaan darurat. Namun dengan fitur yang serba minim karena memang pada dasarnya notepad hanya sebagai text editor, kita memerlukan suatu software khusus yang dapat mengakomodir kebutuhan kita. Banyak sekali pilihan yang dapat kita gunakan, namun yang gratis tentunya lebih menarik bukan?

Berikut ini adalah 8 list software-software yang digunakan untuk source code editor yang dapat mempermudah pekerjaan kita.

1. Notepad++
Notepad yang sudah kita kenal sebagai editor yang sudah disematkan dalam sistem operasi windows dikembangkan secara opensource dengan nama Notepad++. Notepad++ dapat berjalan tidak hanya pada sistem operasi Windows saja namun juga dapat dijalankan pada sistem operasi Linux, Unix, BSD dan Mac OS X (dalam hal ini menggunakan software Wine). Notepad++ tentu berbeda dengan dengan Notepad bawaan Windows karena banyak sekali fitur-fitur dan plugin yang didukung serta fitur pengeditan tab, drag dan drop, melakukan editing data dengan layar terpisah, sinkronisasi scroll, pemeriksaan ejaan kode, zoom, perbandingan file dan masih banyak lagi fitur-fitur yang dapat di eksplorasi lebih lanjut serta mendukung penyorotan sintaks untuk 48 bahasa pemrograman.
imagesource: notepad-plus-plus.org

2. jEdit

Source code editor berikutnya adalah jEdit, program ini dapat berjalan di beberapa sistem operasi populer seperti Windows, Linux, Mac OS X, OS / 2, BSD, Unix dan VMS dimana dikatakan bahwa program ini adalah untuk programmer berpengalaman. Program yang ditulis dengan bahasa Java ini bersifat open source dan mendukung ratusan plugin dan macro yang dapat membantu kita dalam melakukan Coding. Program yang mampu mengenali sintaks dari 130 bahasa pemrograman ini memiliki antarmuka yang dapat dibagi secara horizontal maupun vertikal.
image source: www.jedit.org
::iklan::
3. Crimson Editor
Crimson Editor merupakan software untuk editing source code yang ditulis dalam bahasa C. Program yang bersifat open source ini hanya dapat digunakan pada sistem Operasi Windows saja. Program ini mendukung lebih dari 60 bahasa pemrograman seperti maple, C/C++, MySQL, Lotus Script, Ruby, Jscript dan Perl. Program yang hanya memiliki antar muka berbahasa inggris ini terakhir dirilis oleh Crimson adalah pada tahun 2008 dan kini telah digantikan oleh Emeral Editor
image source: www.crimsoneditor.com
4. Araneae
Araneae (diucapkan ah-RAN-ee-ay) adalah editor teks sederhana namun kuat, hanya menyediakan fitur yang diperlukan untuk membuat situs web dan Script menggunakan teknologi web terbaru.
Editor untuk programmer profesional dibidang Web ini hanya berjalan pada sistem operasi Windows. Araneae memiliki dukungan ekstensi yang cukup banyak, drag dan drop, pengeditan tab, serta fitur search dan replace. Ekstensi yang telah didukung antara lain HTML, XHTML, CSS, XML, Javascript, PHP dan Ruby.
image source: www.ornj.net
5. RJ TextEd
RJ TextEd adalah suatu program sourcecode editor yang hanya berjalan pada sistem operasi Windows. Software ini mendukung 20 bahasa pemrograman yang berbeda yang dapat membantu kita dalam melakukan pemrograman. Rj TextEd dibangun oleh CodeGear Delphi serta bukan merupakan software open source. Namun tentu saja software ini merupakan freeware yang dapat kita gunakan secara gratis. Editor teks dan sumber berfitur lengkap dengan dukungan Unicode ini juga merupakan editor web yang sangat kuat (PHP, ASP, JavaScript, HTML dan CSS). Fungsionalitasnya melampaui file teks dan mencakup dukungan untuk pengeditan CSS / HTML dengan preview CSS / HTML yang terintegrasi, pengecekan ejaan, penyelesaian otomatis, validasi HTML, template dan lainnya. Program ini juga memiliki komandan file pane ganda, serta klien FTP (S) untuk mengupload file hasil coding kita.
image source: www.rj-texted.se
6. Komode Edit
Komodo Edit adalah editor sederhana yang menyediakan fungsionalitas dasar yang kita butuhkan untuk pemrograman. Program gratis yang bersifat opensource ini dapat digunakan pada sistem operasi Windows, Mac OS X dan Linux. Dukungan bahasa pemrograman yang sangat memadai seperti PHP, Python, Ruby, Perl, Javascript, Tcl, XML, HTML5 dan CSS3 menjadi pilihan menarik untuk menggunakan program ini sebagai editor kita. Namun apabila kita menginginkan yang lebih advanced lagi, pengembangnya menyarankan kita untuk menggunakan Komodo IDE
image source: www.activestate.com
7. Brackets
Brackets merupakan editor teks opensource yang dikhususkan untuk desain web. Dengan alat visual dan dukungan preprocessor yang terfokus, Brackets adalah editor teks modern yang memudahkan desain di browser. Program Ini dibuat dari bawah ke atas untuk para perancang web maupun pengembang front-end. Brackets adalah editor teks modern yang ringan namun kuat. Dengan dukungan alat visual ke dalam editor Brackets sehingga bantuan yang tepat apabila diinginkan dapat ditampilkan tanpa menghalangi proses kreatif Anda.
image source: brackets.io
8. Sublime text
Sublime text merupakan editor teks yang canggih untuk pengkodean dan markup. Sublime text memiliki fitur-fitur yang sangat membantu programmer dalam melakukan pemrograman. Dapat dijalankan pada beberapa sistem operasi seperti Windows, Mac dan Linux menjadi nilai lebih tersendiri. Gunakan Goto Anything untuk membuka file hanya dengan beberapa penekanan tombol, dan langsung melompat ke simbol, garis atau kata-kata. Kita dapat memaksimalkan monitor dengan layar lebar untuk melakukan editing terpisah. Sublime text juga mendukung penggunaan beberapa monitor dengan mengedit beberapa jendela, serta fitur-fitur lain yang dapat ditelusuri lebih lanjut lagi. Dukungan plugin yang banyak membuat editor ini juga menjadi favorit bagi para programmer maupun pengembang.
image source: www.sublimetext.com
Cukup menarik bukan? 8 list diatas dapat dijadikan referensi bagi yang ingin mencoba-coba text editor lainnya dalam melakukan coding. Aplikasi tersebut dapat di download pada masing-masing situs pengembangnya seperti pada alamat web yang tertera pada screenshot dari perogram source code editor tersebut. Selamat mencoba ya.

Labels: Artikel, Software, Text Editor

Terima kasih telah membaca 8 Source Code Editor Gratis Dengan Fitur Terkini. Bila bermanfaat boleh di share yah :)

0 Comment for "8 Source Code Editor Gratis Dengan Fitur Terkini"

Back To Top