Belajar Web Programming PHP, HTML, MySQL dan Tutorial

Test Coding Mengelompokan Bilangan Bulat

Bekerja dengan pemrograman mengharuskan kita untuk memahami terlebih dahulu mengenai logika dan algortima sebelum kita melakukan coding. Coding adalah tahap lanjut yang dimulai setelah tahap desain selesai, pada dasarnya coding yang dilakukan haruslah mengikuti dari desain yang sudah ditentukan agar tercipta standar dan menghasilkan output yang sesuai dengan apa yang dirancang.

Coding adalah suatu cara dalam menyelesaikan permasalahan yang bersifat komputasi maupun logika dengan menggunakan kode dari bahasa pemrograman tertentu. Dalam tutorial kali ini bahasa pemrogramaman yang digunakan adalah bahasa PHP. Biasanya dalam melamar kerja sebagai programmer sering kali calon pelamar diberikan soal sederhana untuk mengkaji sejauh mana pemahamannya mengenai pemrograman. Salah satunya adalah seperti judul kita diatas, yaitu bagaimana mengelompokan bilangan bulat sehingga menjadi seperti yang ada pada gambar berikut ini.



Hasil output tersebut terlihat sederhana namun untuk menciptakan hasil yang seperti itu perlu pemahaman mengenai fungsi string yang ada pada PHP serta konsep looping atau perulangan untuk membuatnya otomatis.
fungsi string yang digunakan ada dua yaitu strlen() dan substr() dimana masing-masing fungsi tersebut mempunyai fungsi tersendiri.

fungsi strlen() adalah untuk mengambil nilai berapa jumlah digit bilangan tersebut. jumlah digit penting diketahui untuk digunakan pada perulangan sehingga kita mengetahui berapa kali perulangan yang terjadi. Dengan menggunakan fungsi strlen() perulangan yang terjadi pasti akan tepat sama dengan jumlah digit dari bilangan tersebut.

Fungsi substr() digunakan untuk menampilkan karakter/bilangan pada posisi tertentu yang dimulai dari kiri ke kanan. ya jika contoh digambar tersebut digitnya ada 7 maka indexing nya adalah 0-6 dimana index 0 adalah digit yang paling kiri dan 6 adalah digit yang paling kanan. jika kita sudah mengetahui konsep perulangannya maka yang perlu dilakukan adalah mengulang sebanyak 7x dari 1-7 namun karakter yang ditampilkan adalah karakter dari index 0-6.

Untuk lebih jelasnya dapat melihat source code dibawah ini:

 <?php  
 $nilai = 2238765;  
 $l = strlen($nilai);  
 echo "Nilai : $nilai <hr>";  
 for($i=$l;$i>=1;$i--)  
 {  
 $letter = substr($nilai, $l-$i,1);  
      for($j=1;$j<=$i-1;$j++)  
      $n .="0"; //jumlah nol sesuai dengan nominalnya  
 echo $letter.$n."<br>"; //gabungkan nilai dengan nol nya  
 $n = ""; //untuk mereset nilai $n agar jumlah nol sesuai  
 }  
 ?>  

Kode tersebut akan menghasilkan output yang sama dengan gambar diatas :) cukup mudah bukan. Namun apabila ada pertanyaan apakah dapat dibuat dinamis dengan pengguna menginput sendiri angka-angkanya? jawabannya tentu bisa. kita hanya perlu menambahkan form input disana agar data di variabel $nilai menjadi dinamais. Kodenya adalah sebagai berikut:

 <?php  
 $nilai = 2238765;  
 $l = strlen($nilai);  
 echo "Nilai : $nilai <hr>";  
 for($i=$l;$i>=1;$i--)  
 {  
 $letter = substr($nilai, $l-$i,1);  
      for($j=1;$j<=$i-1;$j++)  
      $n .="0"; //jumlah nol sesuai dengan nominalnya  
 echo $letter.$n."<br>"; //gabungkan nilai dengan nol nya  
 $n = ""; //untuk mereset nilai $n agar jumlah nol sesuai  
 }  
 ?>  

Kode diatas membuat bilangan yang diinputkan menjadi dinamis dan akan menghasilkan output yang sama namun dengan kondisi bilangan sesuai dengan yang di inputkan oleh pengguna :)

Jika ingin mencobanya secara online dapat dilakukan pada contoh dibawah ini:



Labels: Aplikasi Web, Belajar, Melamar Kerja, Tutorial

Terima kasih telah membaca Test Coding Mengelompokan Bilangan Bulat. Bila bermanfaat boleh di share yah :)

0 Comment for "Test Coding Mengelompokan Bilangan Bulat"

Back To Top