Belajar Web Programming PHP, HTML, MySQL dan Tutorial

Cara Menghitung Selisih Tanggal Dengan PHP

Pemrograman PHP memungkinkan kita untuk mengolah data dengan berbagai macam metode. Baik untuk mengolah angka maupun string atau karakter. Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara mencari selisih tanggal antara tanggal yang satu dengan tanggal yang lain. Secara konsep hal ini terlihat sederhana, namun secara kode program tentu tidak demikian.

Mencari selisih tanggal tidak seperti mencari selisih dalam angka, dimana kita dapat langsung menggunakan operasi aritmatika di dalamnya. Hal ini dikarenakan tanggal memiliki format tersendiri yaitu YYYY-MM-DD dimana dimulai dari tahun-bulan-tanggal. Secara data format tersebut adalah sebuah string yang terdiri dari angka dan simbol, misalnya 2019-11-11 tentu akan membingungkan bukan bagaimana mencari selisihnya karena operasi aritmatika hanya bisa digunakan untuk bilangan bulat (Integer) maupun bilangan pecahan (float/double)

Namun tidak perlu kita pusingkan lagi karena PHP telah memberikan function yang sangat mendukung untuk mencari selisih tanggal dengan sangat-sangat mudah. Bagaimana caranya? PHP datetime.diff menjadi solusi untuk hal tersebut.

datetime.diff
Berikut adalah contoh kode programnya

<?php
$tanggal1 = new DateTime('2019-11-11');
$tanggal2 = new DateTime('2019-11-13');
$interval = $tanggal1->diff($tanggal2);
echo $interval->format('%R%a Hari');

/*
Hasil dari kode diatas adalah

+2 Hari

dimana %R adalah menghasilkan tanda positif atau negatif tergantung dari selesih tanggal tersebut yang artinya jika positif adalah tanggal2 lebih sekian hari dari tanggal 1 dan begitu juga sebaliknya.

sedangkan %a akan memberikan output angka selisih berapa hari dari kedua tanggal tersebut.
*/
?>

Bagaimana cukup mudah bukan? sourcecode program ini dapat dikembangkan lebih lanjut sesuai kebutuhan dari aplikasi yang diinginkan. Selamat mencoba ya.
Labels: datetime, PHP, Tutorial

Terima kasih telah membaca Cara Menghitung Selisih Tanggal Dengan PHP. Bila bermanfaat boleh di share yah :)

0 Comment for "Cara Menghitung Selisih Tanggal Dengan PHP"

Back To Top