Belajar Web Programming PHP, HTML, MySQL dan Tutorial

Kode PHP Untuk Export Tabel HTML Ke Excel Dengan HtmlExcel()

Data-data yang di generate pada aplikasi web dalam bentuk tabel sering kali diperlukan dalam pembuatan laporan berbasis excel. Laporan dalam bentuk excel terkadang masih diperlukan pengguna untuk mencetaknya dalam bentuk hardcopy yang disesuaikan dengan kebutuhan. Pada dasarnya aplikasi web dapat melakukan hal tersebut, namun ada kondisi-kondisi yang masih terjadi demikian. Biasanya kita tinggal melakukan block dan menggunakan fitur copy paste tabel tersebut ke dalam excel dan melakukan penyesuaian-penyesuaian. Dalam hal ini kita dapat lebih mudah melakukannya dengan plugin HtmlExcel() yang dapat diperoleh dari link berikut ini (https://github.com/GSTVAC/HtmlExcel).


Plugin ini bersifat fungsi-fungsi yang dapat kita gunakan untuk menggenerate output berupa file excel dengan format .XLS. Kelebihan dari plugin ini adalah dapat membaca css dan format tabel yang sudah kita setting sebelumnya di dalam kode yang digunakan untuk menampilkan tabel html dalam bentuk tampilan web. Namun tentu saja pada saat melakukan EXPORT kita terlebih dahulu menyederhanakan tabel yang akan di export tanpa bergabung dengan tampilan utama. Caranya adalah dengan menjadikan kode html yang digunakan untuk membuat tabel dimasukan kedalam satu buah variabel yang boleh kita beri nama sesuai dengan keinginan atau konteks dari tabel tersebut.

Pada dasarnya function yang digunakan tidak banyak yaitu
$xls = new HtmlExcel();
$xls->setCss($kode_css_disini);
$xls->addSheet("nama_sheet", $var_kode_tabel);
$xls->headers("nama_file.xls");
$xls->buildFile();

Kelima function diatas sudah cukup untuk menghasilkan sebuah output dalam bentuk file excel yang dapat menampung data-data yang ada di aplikasi web kita baik seluruh data maupun data hasil dari query yang dilakukan. Untuk penamaan variabel $xls dapat diganti dengan nama lain sesuai dengan keingininan. Pada intinya adalah HtmlExcel() akan melakukan konversi tabel html menjadi file excel.

Jika konsep pada penjelasan diatas sudah dapat dimengerti maka kita dapat melanjutkannya ke dalam hal yang teknis.

$xls = new HtmlExcel();
Ini adalah bagian untuk menginisiasi class HtmlExcel(); dimana variabel $xls akan menampung semua fungsi-fungsi yang dibutuhkan untuk menggenerate hal tersebut.

$xls->setCss($kode_css_disini);
Fungsi ini adalah untuk menempatkan kode CSS ke dalam tabel yang akan di export. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut:

$kodecss = “.kolom { border=’1px solid black’; }”;
$xls->setCss($kodecss);

Css diatas adalah untuk membuat kolom memiliki garis dengan warna hitam dengan tebal 1pixel. Namun pada saat diexport ke excel tebal garis antara 1pixel dengan 10 atau 50 pixel hanya terjadi perbedaan yang tidak terlalu signifikan. Tetapi hal tersebut bukan masalah tentunya karena biasanya yang diingikan adalah data-data tersebut berada di tempat dan kolom yang tepat.

$xls->addSheet("nama_sheet", $var_kode_tabel);
Fungsi ini digunakan untuk menciptakan sheet barus dengan nama yang dapat kita tentukan sendiri. Misalnya sheet_user
Sedangkan $var_kode_tabel adalah variabel yang berisikan kode html dari tabel berikut datanya yang akan di export menjadi file xls. Cukup sederhana bukan dan dapat dengan mudah dilakukan. Hanya saja pada saat melakukan coding untuk kode html di dalam suatu variabel perlu sedikit keteltitian agar tabel hasil export sesuai dengan apa yang diinginkan.

Jika ingin menambah sheet baru dapat mengulangi function diatas dengan data-data yang berbeda.

$xls->headers("nama_file.xls");
Secara default HtmlExcel() memberikan nama spreadsheet.xls sebagai nama output file excel tersebut. Nama file itu dapat kita ganti dengan memberikan nama baru yang disesuaikan dengan konteks data yang akan kita export, misal

$xls->headers("data_pegawai.xls");

Maka file hasil export tadi akan memiliki nama file berupa data_pegawai.xls

$xls->buildFile();
Fungsi terakhir yang digunakan adalah buildFile(); yaitu fungsi yang akan mengenerate data-data yang tadi sudah kita setting sehingga menghasilkan file excel. Sebaiknya fungsi ini diletakan dengan file php tersendiri karena pada saat dijalankan fungsi tersebut langsung melakukan generate dan file excel terdownload otomatis. Jadi kita dapat memberikan filter terlebih dahulu sebelum buildFile() djalankan.

Bagaimana cukup mudah bukan? Implementasi dari Kode untuk export tabel html ke excel dengan HtmlExcel() akan dibahas di artikel selanjutnya. Selamat belajar ya
Labels: Belajar, excel, export, HTML, PHP

Terima kasih telah membaca Kode PHP Untuk Export Tabel HTML Ke Excel Dengan HtmlExcel(). Bila bermanfaat boleh di share yah :)

1 Comment for "Kode PHP Untuk Export Tabel HTML Ke Excel Dengan HtmlExcel()"

ternyata Kelebihan dari plugin ini adalah dapat membaca css dan format tabel yang sudah kita setting... ini bisa dicoba sangat membantu materi nya ....
Kunjungi juga website saya di : https://bagussmj.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
dan website kampus saya di : http://www.atmaluhur.ac.id/

Back To Top